Uncategorized

Hiduplah di saat ini

Manusia mudah terjebak pada apa yang telah berlalu atau pada apa yang belum terjadi.


Saya juga sama. Jika tidak awas atau terus sadar, kita bisa saja terlena di dalamnya. Tetapi kemudian saya menyadari bahwa sebenarnya tidak ada satupun hal yang saya miliki kecuali saat ini. Maka daripada menyimpan penyesalan tiada akhir pada hal yang tidak mungkin kita ubah kejadiannya, lebih baik membiarkannya berlalu, lalu fokus di saat ini, melihat dan menyadari sepenuhnya apa yang telah hadir dan kita miliki di saat ini.

Kita mungkin tidak tahu, sampai kapan seseorang bisa terus ada di sisi kita, kita mungkin tidak tahu sampai kapan kita bisa melihat wajahnya dan mendengar suaranya, kita juga mungkin tidak tahu berapa lama tepatnya kontrak kehidupan yang kita miliki dengannya.

Kita mungkin juga tidak tahu, sampai kapan waktu yang kita miliki untuk tetap berada dalam realita ini.

Jika dalam realita tersebut, semua momen tersebut berakhir, apa yang akan kita lakukan kemudian?

Terkadang kita lupa dan menunggu waktu sampai Semesta menyadarkan kita betapa kita mengabaikan sesuatu dalam hidup kita, entah orang tertentu, momen tertentu, atau diri kita sendiri.

Kita terlalu sibuk melihat ke masa lalu, menangisi seseorang yang telah hilang, atau melihat ke masa depan, merindukan momen yang belum terjadi atau seseorang yang belum nampak wujudnya. Lalu kita lupa, kita masih berada di saat ini, kita lupa masih ada orang-orang luar biasa yang mencintai kita meskipun kita tidak menyadarinya, kita mengabaikan mereka karena sibuk mengabaikan masa kini.

Maka lihatlah saat ini.

Pada orang-orang yang masih kita miliki, pada orang-orang yang secara nyata ada di sekitar kita, pada diri kita sendiri yang mungkin selama ini tidak pernah didengarkan, juga pada momen nyata di saat ini.

Jika ada yang ingin benar-benar kamu lakukan, baik untuk dirimu atau orang-orang yang kamu kasihi, lakukanlah saat ini, ketika kamu masih mampu melakukannya.

Janganlah penyesalan itu hadir ketika kita kehilangan semua momen dan kesempatan yang kita miliki untuk melakukan apa yang penting dan kita inginkan. Janganlah rasa bersalah itu muncul ketika kita lupa dan mengabaikan apa yang selalu kita miliki di masa kini.

Saat ini adalah satu-satunya momen berharga yang kita miliki, bukan kemarin ataupun besok.

Hanya di saat ini.

in light and love,

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s