Ekstrakurikuler/organisasi sman 7 garut, Formis, Sekolah Garut, SMAN 7 GARUT

Arti Lambang Formis

Arti Lambang Formis Sman 7 Garut

Setelah kemarin saya membuat artikel yang berjudul Sekilas Tentang Formis. Nah, saat ini saya akan membuat artikel tentang Arti Lambang (Logo) FORMIS. Salah satu identitas yang menonjol dari sebuah organisasi tentunya sebuah hal yang bernama “Logo”. Apa itu logo?? Logo merupakan suatu bentuk gambar atau sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, perkumpulan/organisasi, produk, negara, dan hal-hal lainnya yang dianggap membutuhkan hal yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya. Dalam perkembangannya, logo mengalami deformasi bentuk mulai dari bentuk-bentuk logo yang rumit hingga menjadi sebuah bentuk yang sederhana dan mudah diingat. Oke !! Saya tidak akan membahas tentang logo secara umum, tapi saya akan membahas arti lambang (logo) formis SMAN 7 GARUT.

Tentunya bagi anggota dan alumni formis sudah mengetahui arti lambang formis. Atau mungkin sudah lupa yaa?? Hehe 😀 Disini saya hanya akan membahas arti lambang formis secara umum dan singkat saja. Bagi yang sedang dalam kelas MABICA (Masa Bimbingan Calon Anggota) atau calon Mubtadi’in artikel ini sangat penting, berhubung biasanya para senior atau Solihin akan memberikan pertanyaan-pertanyaan mengenai arti lambang formis.
Nah 😉 Di bawah ini adalah logo formis yang akan kita bahas kali ini. Check this Out !!

Coba perhatikan tiap bagian dari logo di atas. Ada beberapa lambang atau bagian logo yang berbentuk buku, pena, masjid, dan segi lima serta warna tiap lambang masing-masing. Oke, mulai saja.

🙂 1. Tulisan Formis

Tulisan Formis, (yaitu singkatan dari Forum Remaja Islam, pen). Tulisan menunjukan identitas organisasi dengan warna biru menunjukan kesetiaan.

🙂 2. Buku dan Masjid

Buku dan masjid melambangkan generasi terpelajar yang senantiasa mengagungkan syiar agama Islam. Warna putih dari masing-masing bagian menunjukan kesucian niat.

“Dan barangsiapa yang menggunakan syiar-syiar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan”. (QS. 22 : 32).

Dalam artian lebih luas yaitu mengagungkan agama Allah, mencintai syariat Islam dan loyal kepadanya. Meyakini bahwa Islam adalah agama yang sempurna dan paripurna.

🙂 3. Pena

Pena menunjukan kuatnya tujuan untuk belajar. Dan warna hitam menunjukan keabadian.

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah, yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” (QS. Al-Alaq; 1-5)

Sebagai organisasi yang menanamkan prinsip “3B; Belajar, berjuang, dan berkarya”, maka menuntut ilmu merupakan salah satu tujuan utama. Karena ilmu merupakan jendela yang mampu membuka cakrawala dunia yang lebih luas. Tentunya dengan mempelajari Agama Islam.

🙂 4. Lingkaran

Lingkaran melambangkan kuatnya barisan persatuan dan kesatuan dengan warna hijau sebagai ciri khas islam.

“Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ‘ucapan yang teguh’ dalam kehidupan di dunia dan di akhirat, dan Allah menyesatkan orang- orang yang zalim dan memperbuat apa yang Dia kehendaki” (QS. Ibrahim: 27)

Islam didirikan dengan keteguhan dan persatuan. Maka keteguhan dan keistiqomahan menjadi sangat penting bagi penuntut ilmu dan mujahid.

🙂 5. Segi Lima

Segi lima melambangkan lima waktu shalat yang menjadi dasar perjuangan dengan warna kuning menunjukan keagungan.

Bahwasanya shalat lima waktu merupakan kewajiban bagi orang yang mengakui islam sebagai agama yang hak, Allah sebagai Tuhannya dan Muhammad saw sebagai hamba dan utusan-Nya.

Itu saja, singkat bukan?? Tapi yang perlu diingat bahwasanya setiap bagian dari logo FORMIS mengandung arti yang luas dan umum, jadi sebaiknya jangan terpaku pada apa yang saya jelaskan.

Untuk lebih memudahkan untuk memahami lihat gambar di bawah.

Syukron, wa jazakallahukhoir.

Writted by; Angga Rizuana, alumni/MA’had Ali FORMIS angkatan 2014.

Baca juga:

  1. Sekilas tentang FORMIS
  2. Mars formis dan Janji Formis
  3. Arti Lambang formis
Iklan

3 thoughts on “Arti Lambang Formis”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s